1. Apa yang dimaksud dengan pemasaran?
Pengertian /Definisi Pemasaran - Pemasaran
adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu
kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka
kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung
dalam kaitannya dengan pasar. Kotler (2001) mengemukakan definisi pemasaran berarti
bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan
maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan
bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.
Sumber : http://skripsi-manajemen.blogspot.com/2011/02/pengertian-definisi-pemasaran.html
2. Mengapa pemasaran sering disebut juga sebagai permintaan?
Umumnya orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran
berkaitan dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual
produk yang telah dihasilkan perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu sempit,
karena biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi
permintaan produk yang ringkasannya berbeda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak
ada permintaan terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya
tidak teratur atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajeman pemasaran
harus mencari jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini.
Jadi, manajeman pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya
mencari dan meningkatkan permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat
tertentu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa manajemen pemasaran adalah
suatu analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian dari program-program
yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen pemasaran
berupaya mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan
membantu pencapaian tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering
disebut juga sebagai manajemen permintaan.
Sumber : http://dwitafhadillah10.blogspot.com/2013/10/tugas-4.html
3. Jelaskan apa perbedaan kebutuhan dan keinginan
berdasarkan konsep inti pemasaran! Berikan contohnya masing-masing 2 contoh!
a) Kebutuhan
adalah fungsi dasar atas sesuatu yang secara esensial diperlukan. Contoh :
1. Kebutuhan manusia
untuk makan agar dapat memenuhi nutrisi
2. Kebutuhan manusia
untuk berpakaian
b) Keinginan
adalah semua fungsi tambahan yang jika tidak ada sebenarnya tidak mengganggu
hidup anda akan tetapi anda mengharapkan untuk bisa mendapatkan fungsi tambahan
tersebut. Contoh :
1. Keinginan manusia untuk membeli gadget mahal
2. Keinginan manusia untuk membeli perhiasan
Sumber :
http://www.muhammadnoer.com/2009/03/antara-keinginan-dan-kebutuhan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar